11 July 2016

Mengenal apa itu Linux ?

Linux adalah sebuah operating system seperti windows, bedanya dengan windows linux ini dikembangkan oleh banyak orang secara gotong royong sedangkan windows dikembangkan di microsoft. Linux berbasiskan unix jadi perintah dan cara kerjanya mirip dengan system unix kebanyakan. pencipta aslinya adalah  mahasiswa Finlandia yang bernama Linus Torvalds, meskipun menjadi 'open source' memiliki berubah banyak sejak konsepsi aslinya. Linux bukan milik siapa-siapa, dan bebas untuk download dan digunakan. Setiap perubahan itu terbuka untuk semua untuk mengadopsi, dan sebagai hasilnya itu telah berkembang menjadi OS yang sangat kuat yang dengan cepat mendapatkan popularitas di seluruh dunia, khususnya di antara mereka yang mencari alternatif untuk Windows.


Di tahun 1991, hardware sangat berkembang cepat, waktu itu DOS adalah operating system yang merajai di dunia PC, unix juga berkembang akan tetapi perkembangannya tidak populer. MAC OS juga berkembang ada tetapi saat itu harganya yang mahal membuat pemakai nya kurang dari pada saat PC. Linus Torvalds saat itu seorang mahasiswa yang suka mengoprek software membuat sebuah operating system yang diberi nama Linux, karyanya ini di apresiasi dan disambut baik oleh pengguna pengoprek pc. Source code nya di bagi dan dikembangkan bersama, saat ini berkembang menjadi system operasi yang tanggung dan sangat reliable, tidak membutuhkan restart ulang setelah dihidupkan sekian bulan bahkan tahun. Oleh karena itu server web di internet kebanyakan menggunakan linux sebagai operationg system utama.

Linux juga dapat dijalankan di bermacam hardware mulai dari PC, Macs, mainframes, supercomputer , smartphone dan industrial robot. Android menggunakan linux pada software intinya. Karena semua orang boleh memodifikasi rasa linux juga berbeda-beda yang disebut distribusi atau distro. Yang terkenal adalah Ubuntu karena target penggunanya adalah orang awam. Ubuntu sangat mudah digunakan oleh orang yang tidak pernah menggunakan linux sama sekali. Debian adalah distro yang paling lama ada, debian adalah induk dari ubuntu, ubuntu diturunkan dari paket-paket software nya debian, Slackware juga distro tua. Untuk enterprise ada redhat yang penggunanya adalah perusahaan commercial. Perbedaan antar distro adalah tema tampilan, software dasar yang di sertakan pada instalasi. Akan tetapi inti nya adalah sama.

Apa keuntungan menggunakan Linux ?
Keuntungannya yang paling penting adalah karena tidak dimiliki oleh siapapun juga, bisa di debug atau ditambah fungsi sesuai kebutuhan tanpa membayar lisensi ke siapaun. Maka pengguna punya fleksibiltas melakukan apa yang mereka suka dengan operating system linux tanpa kuatir melanggar persetujuan hak cipta dengan pihak manapun.

Keuntungan lainnya adalah gratis(kesukaan orang indonesia), karena tidak dimiliki oleh siapapun juga linux bebas biaya. Adapun biaya yang timbul adalah karena ongkos jasa, misal jasa burning ke cd, ongkos kerja waktu installasi, ongkos internet atau biaya technical support. Seperti yang dilakukan oleh redhat, mereka mengenakan biaya untuk technical support. Software linux itu sendiri adalah free.

Pengguna personal komputer di Indonesia yang menggunakan linux saat ini kebanyakan mahasiswa IT dan profesional IT, belum banyak untuk pengguna awam. apa sebabnya ? salah satunya ya karena windows masih mudah dibajak, pengguna awam males belajar karena software tidak familiar. Walaupun pendukung software seperti pengolah kata ada OpenOffice atau libre Office. akan tetapi untuk smart phone, banyak yang memiliki smartphone yang os nya menggunakan android. Secara tidak sadar mereka jadi pengguna linux juga. Terkadang mereka tidak punya hanya satu hp android tapi lebih dari satu maka ternyata pengguna linux di indonesia saat banyak juga ya. Lalu apa penyebab anda tidak menggunakan linux ?

No comments: