01 July 2016

Apakah sebuah laptop akan bertahan selama 200 tahun ?

Anda pernah berpikir berapa lama laptop akan tahan ?
Asumsikan sebuah laptop standar yang tidak terlalu mahal ditaruh disebuah tas laptop selama 200 tahun. di sebuah ruangan dan dalam suhu  kamar.

Apa bisa bertahan selama 200 tahun ? apakah masih dipakai dengan baik ?
Pertanyaan aneh ini muncul ketika aku ditanya seorang teman. maka aku kumpulkan jawaban dari beberapa sumber :
Pertama, dalam 200 tahun bentuknya mungkin masih dikenali sebagai sebuah laptop (mungkin pada masa itu laptop sudah jadi barang kuno). Akan tetapi sangat tidak mungkin masih berfungsi. Plastik casing nya mungkin masih ada bentuknya. LCD/LED screen mungkin masih ada, tetapi kabel insulasi plastik, flex internal kabel yang tipis-tipis mungkin akan sangat rapuh dalam waktu yang sangat lama itu. itu bisa menimbulkan konsleting antar komponen.
Kedua, baterai akan bocor dan bahan kimia nya akan merembet ke berbagai komponen sekitarnya dan menimbulkan korosi, tetapi tidak mungkin akan menimbulkan api, karena arus listrik nya sudah lenyap seiring dengan beberapa tahun perjalanan waktu.
ketiga, magnetic drive alias hard disk sudah kehilangan daya magnet nya seiring dengan waktu membuat data nya tidak bisa dibaca lagi. Seiring dengan perjalanan waktu akan membuat daya magnet melemah. Semua data akan hilang dalam waktu 10-12 tahun pertama.  kapasitor di motherboard juga akan kehilangan kemampuan menyimpan listrik, kimia didalam kapasitor sudah teroksidasi.Untuk komponen DVD-ROM , CD ROM, lasernya akan melemah flex kabel juga sudah rapuh, komponen mekaniknya sudah lengket antara satu dengan yang lain karena pelumas yang digunakan juga sudah teroksidasi.  
Maka kesimpulan nya tidak ada yang bisa bertahan dengan perjalanan waktu, semua benda pasti kalah dengan waktu. Mungkin beberapa komponen masih bisa pertahan tapi kalau satu komponen penting tidak berfungsi. maka keseluruhan laptop tidak bisa bisa digunakan.

No comments: